NEWS
image
Jumat, 23 Jul 2020
Efek Overload Pada Beban (Bagian 1)
Ban berlebih dapat memberikan efek negatif pada kendaraan anda terutama pada ban anda. Kami coba merangkum beberapa permasalahan yang dapat terjadi pada ban akibat beban berlebih. Berikut ini adalah beberapa contohnya :

 1. Chunking pada Tapak

 
Keadaan ini sebenarnya disebabkan oleh kondisi jalan yang buruk seperti lubang, cekungan, paku, batu dsb. Namun Muatan yang berlebih dapat memperburuk keadaan tersebut.
 
Solusi : Menghindari benda asing di jalan pada saat berkendara, menghindari muatan berlebih, menjaga tekanan angin, memeriksa chasis secara berkala, memilih tipe kembang yang cocok dengan kondisi jalan.

 2. Pemisahan Tapak

 
Permasalahan ini diakibatkan oleh tekanan berlebih dan panas yang ditimbulkan, tekanan pada ban yang menyebabkan turunnya daya rekat atau oksidasi pada komponen karet, tekanan angin yang tidak sesuai dengan standar, kecepatan mengemudi yang terlalu tinggi, gaya geser yang terlalu berat antara ban dengan permukaan jalan, dan turunnya kualitas pengeleman antara komponen ban.
 
Solusi : Berhati-hati dalam berkemudi, hindari halangan benda di jalan pada saat berkendara hindari terjadinya gaya gesek yang besar, Pemeriksaan ban secara berkala dan apabila terdapat luka, segeralah perbaiki, Lakukan pengecekan tekanan angin secara berkala dengan alat tekanan angin yang telah teruji kualitasnya, hindari muatan berlebih, atau berkemudi dalam jarak yang panjang dan lama.

 3. Robek Pada Tapak



 
Pada dasarnya kondisi ini disebabkan oleh kondisi jalan yang buruk, torsi atau gaya tekan yang besar, terhantam oleh batu atau terkena benda tajam dan kelebihan berat muatan turus serta memberikan kontribusi terhadap permasalahan ini.
 
Solusi : Periksa dan lakukan pemeriksaan tekanan angin dengan menggunakan alat pengukur tekanan angin yang standar, Periksa dan lakukan pembersihan berkala terhadap batu atau obyek lain yang menancap pada tapak, pengemudian kendaraan yang baik, hindari benda asing, benda tajam atau ujung jalan ketika berkendara, hindari beban muatan berlebih dan pengemudian kendaraan yang buruk.
 
4. Retak Bahu Radial

 
Permasalahan ini selain disebabkan oleh muatan yang berlebih, juga dapat dipengaruhi oleh torsi kendaraan yang terlalu besar dan benturan atau tergores benda tajam.
 
Solusi pencegahannya yaitu dengan memeriksa dan menjaga tekanan angin dengan menggunakan alat pengukur tekanan angin yang standar, dan pengemudian kendaraan yang lebih bai dan menghindari menabrak benda asing.
 
5. Pemisahan Karet Pada Tapak



 
Permasalahan ini disebabkan oleh tekanan atau tergoresnya karet menurunkan daya tahan / daya rekat karet antara bahu dengan casing, munculnya panas berlebih yang disebabkan oleh kekurangan tekanan angin, beban muatan berlebih atau pengemudian kendaraan dalam waktu yang lama / jarak yang jauh.
 
Solusi pencegahanya dengan menghindari muatan berlebih atau pengemudian kendaraan dalam waktu yang lama / jarak yang jauh, memeriksa dan menjaga tekanan angin sesuai dengan standar, mengemudikan kendaraan dengan lebih baik dan menghindari menabrak benda asing.
 
Jika anda ingin mendapatkan ban radial truk cocrea silahkan menghubungi wa kami di 0822-9888-1889.