NEWS
image
Minggu, 25 Jul 2020
EFEK OVERLOAD PADA BAN (Bagian 2)

Berikut ini beberapa permasalahan yang dapat diakibatkan karena beban berlebih pada kendaraan :

1. Retak Dinding Ban 

 


Permasalahan ini terjadi karena berat muatan yang berlebih dan kekurangan tekanan angin, selai itu juga dapat disebabkan oleh distorsi pada bagian dinding ban yag menyebabkan terjadinya retakan yang bertambah besar setelah terjadinya benturan, adanya transfer torsi yang besar dari kendaraan yang berpengaruh ke ban dan cacat produksi.
 
Solusi pencegahannya adalah dengan memerikasa dan menjaga secara berkala tekanan angin dengan menggunakan alat pengukur yang standar, megemudika kendaran dengan lebih hati-hati, menghindari benda asing, lubang jalanan atau obyek lain yang berada di jalan, menghindari muatan berlebih, memeriksa dan melakukan analisa terhadap design produk dan proses produksi.

2. Retak Bead Melingkar

 
Selain disebabkan oleh beban berlebih, permasalahan ini juga disebabkan oleh tekanan angin yang tidak standar, ukuran velg yang tidak sesuai, dudukan bead yang tidak baik serta proses produks yang kurang baik pada pengepresan antara karet dengan bead.

Solusi pencegahannya adalah dengan menghindari muatan berlebih, selalu menggunakan ban dengan ukuran velg yang cocok, dan memeriksa serta menjaga berkala tekanan angin dengan menggunakan alat pengukur tekanan angin yang standar.

3. Pemisahan Bead 

 

Permaslahan ini dapat disebabkan oleh komponen bagian bead yang disebabkan kelebihan beban muatan dan pengemudian kendaraan dengan kondisi kekurangan tekanan angin, pembelokan kendaraan dengan sudut tajam dan pengereman yang buruk. Selain itu, hal ini juga dapat disebabkan oleh dudukan bead yang tidak sempurna, ukuran velg yang tidak sesuai, kondisi velg yang buruk seperti velg yang sudah rusak / distorsi. Kemudian dapat disebabkan juga oleh proses pengeleman antara komponen bead yang buruk pada saat produksi.
 
Solusi pencegahannya adalah dengan menghindari muatan berlebih, memeriksa dan menjaga secara berkala tekanan angin sesuai dengan standar, menggunakan selalu kombinasi ukuran velg dan ban yang sesuai, menghindari panas berlebih akibat rem secaramendadak, mengikuti prosedur pemasangan dan pelepasan ban yang baik dan benar dengan menggunakan alat yang standar, memeriksa dan mereview proses produksi beserta tenaga ahlinya.

4. Pemisahan Bagian Dalam

 

Hal ini diakibatkan oleh panas yang terjadi sebagai akibat dari kekurangan tekanan angin, kelebihan berat muatan dan pengemudian kendaraan dalam waktu yang lama, dan buruknya proses pengeleman antar komponen pada bagian dalam ban.

Solusi pencegahannya adalah dengan menjaga tekanan angin sesuai dengan standar yang telah ditentukan dan menghindari kelebihan berat muatan atau mengemudi dalam waktu yang lama.

5. Rusak Ply Bagian Dalam

 

Permasalahan ini disebabkan oleh kelebihan beban muatan, kekurangan tekanan angin, ukurn velg yang tidak sesuai atau tidak standar, seperti velg yang mengalami perubahan bentuk dan yang rusak.

Solusi pencegahannya adalah dengan menghindari muatan berlebih, selalu menggunakan velg yang memilki kualitas yang baik dan dalam kondisi yang baik, memeriksa dan menjaga berkala tekanan angin dengan menggunakan alat pengukur tekanan angin yang standar.


Jika anda ingin mendapatkan Ban Radial Truk Cocrea hubungi toko-toko ban terdekat anda atau hubungi kami di nomor whatsapp 0822-9888-1889.