NEWS
image
Kamis, 14 Oct 2020
5 Tips Mengendarai Truk Di Musim Hujan
Musim Hujan dapat menyebabkan banyak kondisi berbahaya. Oleh karena itu sangat penting untuk menyesuaikan cara berkendara anda pada cuaca seperti ini. Berikut ini adalah beberapa tips mengendarai truk saat hujan :

Berkendara Secara Perlahan

Saat berkendara di musim hujan, saran terpenting adalah dengan memperlambat laju kendaraan. Bahkan ketinggian air setengah inci dapat memaksa truk anda untuk memindahkan segalon air untuk tetap menapak pada jalan. Berkendara dengan kecepatan rendah akan membantu anda dalam mengontrol kendaraan.
 
Jaga Jarak

Anda juga dapat menghindari Hydroplanning / Aquaplanning dengan menjaga jarak antara kendaraan anda dan kendaraan lainnya. Pastikan anda memiliki jarak yang cukup diantara kendaraan anda dan kendaraa lainnya agar memiliki waktu henti yang cukup. Sebuah Truk Trailer dengan beban 36 Ton berjalan pada kondisi cuaca yang buruk (hujan) dengan kecepatan 104 Km per Jam membutuhkan jarak 300 meter untuk berhenti, dimana jika dibandingkan luasnya seperti 2 buah Lapangan Sepak Bola. Anda juga harus melambat lebih awal sebelum persimpangan dan pada saat berbelok.
 
Respon Saat Tergelincir
 
Meskipun anda sudah berhati-hati, tergelincir bisa saja dapat terjadi. Jika anda merasa truk anda mulai tergelincir, Jangan Panik. Coba untuk melihat dan melanjutkan berkendara ke arah truk berjalan tanpa menekan rem. Hal ini akan membantu anda mendapatkan kontrol kembali.
 
Gunakan Wiper dan Lampu Depan
 
Mungkin anda masih dapat melihat jelas, namun ada baiknya untuk selalu menyalakan lampu depan dan wiper saat hujan. Hal ini sangat penting untuk dapat melihat dan terlihat oleh kendaraan lain di jalanan.
 
Jika anda ingin mendapatkan Ban radial truk Cocrea silahkan kunjungi toko-toko ban terdekata atau dapat menghubungi kami melalui nomor Whatsapp di 0822-9888-1889.