NEWS
image
Jumat, 27 Sep 2018
Tips & Trik Memelihara Ban Truk
Ban merupakan biaya operasional yang cukup besar bagi beberapa perusahaan transportasi, minimnya pengetahuan dasar mengenai ban menyebabkan ban yang dipakai tidak bisa mencapai umur yang maksimal. Dari situs resmi Michelin, michelintransport.co.id, beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:
 
Tekanan pada ban
 
Tekanan angin merupakan hal yang sangat vital untuk memaksimal umur pakai ban. Kurang tekanan atau kelebihan tekanan pada ban dapat mengakibatkan biaya lebih dan bahaya. Umur ban, kenyamanan mengemudi, daya cengkram dan pengereman yang bagus
 
Kurangnya tekanan udara dapat menghasilkan kelenturan yang berlebih dari casing ban yang menghasilkan panas, peningkatan daya tahan luncur dan keausan yang prematur. Dalam kondisi ekstrim tekanan udara yang kurang dapat menyebabkan kerusakan ban.
 
Demikian juga,tekanan udara berlebih dapat mempengaruhi umur masa pakai ban. Ini menyebabkan berkurangnya cengkeraman dan aus yang tidak wajar terutama pada pemasangan as kemudi.
 
Hal yang perlu diperhatikan saat memompa ban
 
Ban yang telah lama berjalan dengan tekanan yang kurang jangan dipompa sampai ke tekanan yang tepat lagi tanpa pemeriksaan menyeluruh oleh spesialis ban. Berat dari as dibawah beban adalah satu-satunya cara untuk menentukan tekanan yang tepat.

Penyesuaian Tekanan.
 
Memperbaiki ban dan velg dapat berbahaya dan harus dilakukan oleh ahli terlatih menggunakan prosedur dan alat yang tepat. Kesalahan tidak membaca dan mengikuti semua prosedur dapat berakibat luka serius dan kematian pada Anda atau orang lain. Pemompaan dari semua jenis ban dan velg yang sudah digunakan dalam kondisi run-flat atau kurang tekanan (80% atau kurang dari tekanan operasional yang direkomendasikan) dapat berakibat luka serius dan kematian pada Anda atau orang lain.
 
Ban bisa mengalami kerusakan didalamnya dan meledak saat anda menambahkan udara. Bagian velg bisa jadi aus, rusak, bergeser dan meledak secara terpisah. Ban yang digunakan dibawah tekanan jangan dikembalikan ke tempat perbaikan sampai bagian dalamnya diperiksa secara menyeluruh.
 
Tekanan Pompa
 
Tekanan udara pada ban untuk kendaraan komersil harus disesuaikan dengan beban, kecepatan dan kondisi penggunaan. Memperhatikan tekanan yang tepat merupakan faktor utama dalam memastikan bahwa kendaraan tersebut aman saat berkendara.
 
Kosekuensi dari penggunaan ban dengan tekanan inflasi yang tidak memadai tidak dapat langsung terlihat dan baru bisa terlihat setelah pemeriksaan. Tekanan dari inflasi seharusnya diperiksa secara terartur “ketika bisa” setiap kali kendaraan kembali ke garasi menggunakan pengukur tekanan yang akurat dan secara teratur diperiksa indikator tekanannya (sesuai dengan rekomendasi penanda).